Total Tayangan Halaman

Rabu, 22 Juni 2016

Busway oh Busway

Hai guysssss

Yang baca tulisan ini, makasih banget kalau kalian akan lebih memilih busway ketimbang kendaraan pribadi atau gr** c*r atau taksi.

Aku baru 2 minggu lebih tinggal di Jakarta, tepatnya di Tangerang. Atau lebih tepatnya lagi perbatasan Tangerang dan DKI atau kurang lebih 5km dari Terminal Kalideres. Waktu itu aku lagi mau bukber sama temen-temen SMA (Aurora ku tercinta) di Sency (Senayan City). Nah, aku coba lihat harga pake gr** kan... gils 86.000 (yg notabene masih pagi). Terus coba cek go**k 40an rebung juga. Kalo bolak balik kan lebih dri cepek. Duit darimana anak kuliahan begini.... Klo naik gr** gw udah bisa beli satu dress di H&M deh.

Akhirnya w nanya2 ttg busway. Sekalian pengen nyobain gimana sih busway di Jkt. Pengen ngebandingin sama punyanya S'pore.

Well, mendingan cerita prosesnya dari awal sampe akhir aja ya.

Nah, sebenarnya busway punya aplikasi, tapi aplikasinya ga membantu sih. Suka lelet dan gajelas gitu. Mending buka google maps + buka rute busway dari http://transjakarta.co.id/peta-rute/
Nah habis itu tinggal cari halte terdekat deh.

Kalo dari lokasi aku, di PT Multi Bintang Indonesia Tbk, aku harus naik angkot dulu ke halte. Bisa angkot jurusan apa aja yang ke arah cengkareng. Nah dari situ aku naik busway dari terminal kalideres atau Halte Pesakih yang depan mall Daan Mogot. Haltenya kecil aja sih sebenarnya, gaada AC, posisinya kebuka buat tempat masuk bis. Nah, halte-halte ini biasanya ada di tengah-tengah jalan, jadi kita harus naik tangga penyeberangan yang cukup panjang tapi ga curam jadi ga bikin capek.

Kedua, aku harus beli kartu buat bayar tiket masuk. Sekarang udah banyak banget jenis kartu yang bisa kate pake. Bisa pake kartu Mega, BNI tapcash, BRI dll. Kalo ga punya, tinggal beli aja di konter. Harganya Rp 40.000,- saldonya Rp 20.000,-.

Ketiga, tinggal masuk aja. Sekali masuk bayarnya Rp 3.500,- Kalo berangkat pagi-pagi jam 6-7 harganya cuma Rp 2.000,-. Ini bayarnya cuma sekali aja, kemanapun tujuan kita. Jadi pas kita turun nanti kita ga perlu tap-tap lagi. Keluar aja langsung. Nah kalo singapore kan beda lagi. Kita harus bayar sesuai jauhnya perjalanan, walaupun untuk pelajar biasanya ada diskon. Dan kalau kita ga punya kartu kita juga bisa bayar cash langsung ke supirnya (ada mesinnya wkwk).

Nah keempat, kita tinggal tunggu busway nya datang aja. Hati-hati sama arahnya. Biasanya busway tuh ada tulisan jalurnya di bagian depan. Misalkan Kalideres-Pasar Baru. Hati-hati jangan salah lokasi naik bus. Di bagian atas ada petunjuknya juga kok, mau ke Kalideres atau Pasar Baru. Nanti ada "kenek" berseragam yang bakal ngasih tau busnya mau ke arah mana juga.

Transjakarta or busway ini sebenarnya udah punya banyak banget jalur (anyway karena aku bukan orang jakarta aku ga akan menjeleskan ttg jalur2 ini, karena maksud dari tulisan ini adalah agar orang naik busway ketimbang mobil or motor wkwk). Nah, beberapa jalur ini dihubungkan oleh beberapa halte yang jadi terminal, misalnya harmoni. Nah, kalau mau ke Sency aku ganti busway ke arah blok M dari harmoni. Gampang kok, di harmoni ada beberapa pintu yang dikhususkan untuk jalur-jalur busway.

Terus terang aku paling suka sama jalur blok M ini. Karena dengan naik jalur ini kita bisa ngelewatin pusat kota banget. Ada Monas, bundaran HI, Gelora Bung Karno, dll. Seru aja. Nah, kalau mau ke Sency turunnya di bundaran Senayan, terus jalan sekitar 500 m udah sampe Sency. Total perjalanan dari Pesakih-bundaran Senayan sekitar 1 jam 20 menit. Kasarnya dibutuhkan 2,5-3 menit untuk ngelewatin satu halte.

Guys-guys ku tersayang. Busway itu bagus banget lho buat kesehatan kita. Kenapa? karena kita harus jalan sedikit untuk sampai halte dan tempat tujuan kita. Dan terkadang kita ga dapet tempat duduk jadi kita harus berdiri selama kurang lebih 1 jam, dan ini bagus banget. Kenapa? karena duduk itu bikin gemuk dan meningkatkan resiko varises. Selain itu, kemacetan Jakarta bisa berkurang kalau orang-orang beralih ke busway. Less polution, less time, healthier. Kenapa orang-orang tetep milih naik mobil? Prestige, cari gampang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar